Ayat-ayat Cinta: Cinta Atau Sekadar Ingin Memiliki

Ayat-ayat Cinta: Cinta Atau Sekadar Ingin Memiliki
Pebriansyah Ariefana - detikcom



Jakarta, Tidak mudah memang menerjemahkan buku ke dalam sebuah film. Demikian juga dengan film 'Ayat-ayat Cinta'. Walau tak sehanyut dalam buku, tapi setidaknya film garapan Hanung Bramantyo itu mampu membuat penontonnya menikmati ayat demi ayat.

Adalah Fahri (Fedi nuril), mahasiswa Al-Azhar Mesir asal Indonesia sebagai tokoh utama film ini. Sosok Fahri di antara teman-temannya dipandang sempurna dan sudah pantas untuk mencari pendamping hidup. Banyak wanita pun jatuh hati pada Fahri, salah satunya Maria Girgis (Carissa putri).

Fahri dan Maria tinggal satu apartemen dengan kamar yang berbeda. Bersama Maria, Fahri menolong Noura (Zaskia Mecca), gadis Mesir yang dianiaya ayahnya.

Tidak hanya Maria yang diam-diam mencintai Fahri, teman satu kampus Fahri, Nurul (Melanie Putria) pun ikut jatuh hati terhadap sosok sempurnanya.

Sampai suatu hari, takdir mempertemukan Fahri dengan Aisha (Rianti Cartwright), seorang gadis Jerman yang menetap di Mesir. Benih cinta mulai muncul dari Aisha, Aisha pun melamar Fahri dan mereka pun menikah.

Mereka yang juga mencintai Fahri sakit hati mendengar kabar pernikahan Fahri dan Aisha, tak terkecuali Noura. Namun Marialah yang paling parah terkena dampak pernikahan Fahri dan Aisha. Maria terbaring koma tidak tahan mengalami tekanan batin karena sakit hati.

Berbagai konflik pun terjadi sebagai pelampiasan sakit hati ketiga wanita tersebut. Fahri harus menelan pil pahit akibat pilihan cintanya. Namun akhirnya seseorang menyelamatkannya dari keterpurukan.

Film garapan Hanung Bramantyo ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Habiburrahman El Shirazy. Namun bukan berarti cerita dan tokoh dalam novel tersebut sama digambarkan dalam film. Hanya kurang lebih 75 persen cerita yang diangkat dari novel, sisanya ada yang dilebihkan dan ada yg dikurangkan.

Film ini lebih mengangkat cerita cintanya, yaitu bagaimana pengorbanan seorang wanita untuk mempertahankan cinta dan jiwa seseorang. Namun demikian esensi cerita film ini sudah dapat mewakili cerita dalam novel.

Sayangnya akting Fedi Nuril kurang mampu membawa penonton pada karakter Fahri. Lain Fedi, lain Rianty. VJ MTV itu mampu tampil cukup memukau sebagai sosok Aisha. Aktris pendatang baru Carrisa Putri juga tak mau kalah mencuri perhatian lewat aktingnya sebagai Maria.

Comments