Baru 16 Parpol Serahkan Berkas

Baru 16 Parpol Serahkan Berkas
Iqbal Fadil - detikcom

Jakarta, Hingga pukul 18.30 WIB, H-1 penutupan verifikasi partai politik di Depkum dan HAM, baru 16 parpol yang menyerahkan berkas kelengkapan pengurus sebagai syarat. Padahal tercatat ada 110 parpol baru yang mendaftar.

Sampai berita ini diturunkan, Partai Kongres yang mengusung Sutiyoso menjadi calon presiden menjadi partai terakhir yang mendaftar di gedung Direktorat Administrasi Hukum Umum Depkum dan HAM di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 17.00 WIB, Selasa (26/2/2008).

Sebelumnya berturut-turut Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), dan Partai Karya Pembangunan Bangsa (PKPB) yang menyerahkan berkas verifikasi administrasi sejak pukul 09.00 WIB. Informasi yang beredar, malam ini sekitar pukul 19.00 WIB, Partai Bintang Bulan (PBB) juga akan mendaftar.

Berdasarkan jadwal, penyerahan berkas verifikasi parpol akan ditutup pada Rabu 27 Februari besok. Bagi parpol-parpol baru yang akan menyerahkan berkasnya, Depkum dan HAM akan menunggu hingga pukul 00.00 WIB karena tidak akan ada lagi perpanjangan waktu.

Direktur Hukum Tata Negara Administrasi Hukum Umum Depkum dan HAM Aidir Amin Daud menyebutkan pihaknya akan segera mengecek kelengkapan syarat-syarat administrasi yang sudah diserahkan. "Mulai hari Rabu kita akan verifikasi semua berkas yang masuk. Kita punya waktu 45 hari," jelasnya.

Dijelaskan dia, dalam proses verifikasi, Depkum dan HAM tidak mengenakan biaya sepeser pun. Parpol baru akan dikenakan biaya ketika syarat administrasi dinyatakan lengkap dan disahkan menjadi badan hukum.
"Biayanya cuma Rp 200 ribu," kata Aidir.

Aidir juga mengungkapkan, 2 parpol yang sudah mendaftar sebelumnya sudah menyatakan mundur. Dua partai tersebut adalah Partai Persatuan Umat (PPU) dan Partai Kasih.

Berikut daftar 16 parpol yang sudah menyerahkan berkas:

1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
2. Partai Buruh
3. PPRN (Partai Peduli Rakyat Nasional)
4. Partai Demokrasi Pembaruan (PDP)
5. Partai Garuda
6. PNI-Massa Marhaen
7. PKP (Partai Keadilan Persatuan)
8. PNI Bersatu (sebelumnya bernama PNI Marhaen),
9. Parade Nusantara
10. Partai Demokrasi Indonesia (PDI)
11. Partai Republikku
12. PDI 1973
13. PMB (Partai Matahari Bangsa)
14. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU)
15. PKPB (Partai Karya pembangunan Bangsa)
16. Partai Kongres

Sumber: Detikportal.com

Comments