Konsultan Oriflame, Saleskah ?

Semangat Pagi..
Walaupun diluaran udara cukup “sendu”, semoga temen-temen masih semangat ya jalanin aktivitasnya.
Kemaren di  grup Nad’s 7Up  ada yang dapet pertanyaan seperti ini dari prospek, yang intinya :
“Oriflame itu kerjanya kaya Sales ya?”
Kalo ngomongin soal Sales, apa sih yang temen-temen bayangin? Yang kebayang itu pasti cantik, bersih, wangi?
*cieee yang cowok ngaco aja kalo ditanya tentang Sales*
Eh… bukan itu.
Sepertinya nih, maksud dari si Prospek adalah menjual produk door to door. Gitu kayaknya ya.
Kalau dulu sebelum join Oriflame dan mengikuti berbagai training dan fasilitas, saya sendiri pun pasti akan bilang “mikir dulu deh.”
Bukan berarti saya milih-milih kerjaan, tapi karena saya sadar kekuatan diri yang gampang drop kalo uda kecape-an dan gak kuat lama-lama ngangkat beban yang sama sepanjang jalan *eeaa bahasa gw.
Iya, konsultan Oriflame itu Sales, penjual produk dari mulai sabun sampe produk kesehatan dan dengan berbagai jenis sesuai kebutuhan kulit. Kebayang gak kalo jualin produk ini harus dibawa-bawa?
Tapi kalo di Oriflame bukan begitu sistemnya.
Di Oriflame ada cara kerja yang mempermudah konsultannya berjualan. Yaitu dengan menggunakan katalog. Jadi kalau mau jualan, cukup bawa aja katalog bulan tersebut (iya, tiap bulan ganti loh) dan kamu bisa menjual berbagai produk. Oh ya, lebih disarankan sebenarnya dengan bawa beberapa produk juga sebagai tester. Biasanya calon pembeli lebih mudah tertarik.
”Berarti door to door juga dong?”
Iya. *malu-malu* hehehe…
Kalo saya sih ngajuin katalog ke tempat nongkrong, ke temen kerja, ke kenalan,ke keluarga juga :D
Pokoknya kemana pergi saya selalu bawa, dan Alhamdulillah selalu dapet orderan. Dapet orderan berarti dapet uang jajan, eehmmm… atau lebih berguna kalo buat tambahan uang belanja kali ya.
*lumayankan buat tambahan beli cabe yang harganya Alhamdulillah itu :D
Mau duit yang lebih banyak lagi? Mau berapa? 1, 5, 10 juta ? Atau mau jalan-jalan gratis? Mobil gratis? Oriflame bisa kok ngasi gaji dan reward seperti itu, beneran deh.
Kalo memang mau, ada lagi fasilitas dan training untuk bikin kita jadi mendapatkan hal-hal lain tadi. Alias gaji dengan tambahan digit dibelakang, bukan di depan loh.
Tapi kerjanya udah pasti lebih banyak yaaa.
Caranya gimana? Sama kok seperti perusahaan pada umumnya.
Mau perusahaannya jadi lebih gede, ya jual produknya dengan jumlah gede. Cari banyak karyawan biar bisa jual lebih banyak.
Kalo di Oriflame ini yang disebut ngeprospek untuk mendapatkan downline. Dan jangan khawatir kalo gaji kita bakal dipotong dari Oriflame untuk bayar gaji karyawan yaah. Nggak kok.
Karena justru di Oriflame kita dan downline dibayarnya sesuai kerja keras kita bulan tersebut. Kalau hanya masuk jadi member lalu kerjaannya hanya memperhatikan saja yang kayaknya memang jadinya hanya tinggal memperhatikan aja gaji temen-temennya yang beneran kerja. (PS: Semua akan ada trainingnya yang bisa diakses online dan offline).
Jadi apakah di Oriflame kerjanya seperti seorang Salesman atau Sales Girl? Iya.
Karena sales adalah berjualan dan berjualan adalah bagian dari bagaimana meyakinkan orang lain, seperti yang lagi saya lakukan sekarang :)
#HidupAdalahPilihan
Suchy Damayanti
Independent Oriflame Consultant

Comments